Selasa, 11 Agustus 2009

Mengukur berat blog kita

Pagi ini saya buka blog saya...hmmm..gmana ya tampilannya? Hmm..utak-utik lagi, seperti biasa liat blog orang lain lebih indah rasanya. Tapi ah..namanya rumput tetangga ya jelas lebih hijau hehehe.. Tapi tiba-tiba aku berpikir, apa benar lelet/berat blog saya saat loading? Kasihan kan teman-teman blogger kalau buka blog saya,lapalagi yang kecepatan akses internetnya lambat. Lalu kepikiran mau timbang blog, di posyandu tapi gak punya kain buat gendong, ya sudah saya ke rumah mas jin gugle. Emang mas jin gugle baik banget, apa-apa yang saya minta dikasih(walaupun diambilin punya orang :)...) Akhirnya saya minta timbangan blog dikasih jg.

Lalu atas petunjuk mas jin gugle saya cari alamat yg diberikan, lalu saya timbang..duh makan apa ini blog..kok berat banget. Akhirnya saya paksa diet..eh ternyata sebenarnya blog ku langsing, cuma itu lho aksesorisnya ngalahin mas tessy..sepatu bot besar, cincin batu akik banyak yang besar2..duh..akhirnya aku preteli, tapi gak sampai telanjang, nanti blogku malu telanjang. Apa sih yang bikin berat?
Pertama aku timbang 175.00 (wow..berat banget) Tenyata blogku kebanyakan beban:


Lalu aku kurangi posting yang tampil di halaman depan. Tadinya 6, aku susut jadi 3 postingan
Maka dari 175.00 KB menjadi 146KB

Belum puas, lalu aku buang gedget html/java script referensi link :
Dari 146 jadi 144.68 (lumayan daripada lumanyun buka blog gw hehehe)

Rubah kolom mybloglog yang tadinya 4 kolom jadi 2 kolom
144.68 menjadi 144.38 (gak terlalu ngaruh, jadi kasian sama photo teman)

Buang 1 photo di postingan depan
144.68 menjadi 143.97 (tidak ngaruh banget)

Lalu...lupa buang apalagi
143.97 menjadi 143.53

Lalu masih penasaran aku delete mybloglog (tambah kasihan nih recent visitor)
Dari 143.53 menjadi 142.34 (harusnya jangan ya, cm kurang 1kb kok)

Masih harus kurus, aku buang gedget HTML/Java Script link "Info Kilat"
Dari 142.34 jadi 138.00 (mayan banget ya)

Terus lupa delete apalagi ya
Dari 138.00 (Sekian-sekian) menjadi 137.sekian-sekian (mayan jg)

Lalu delete histat (kebanyakan alat pengukur pengunjung)
Dari 137.00 jadi 135.00

Aku rubah warna backround posting dari kelabu ke putih (kagak ngaruh, cm 0 koma sekian)

Lalu aku kurangi lagi batas postingan di halaman depan dari 3 menjadi 2
Dari 135.00 jadi 127.00 (wah emang postingan yg bikin berat)

Lalu terakhir aku copot daftar blogger (yang disedian khusus oleh google)
Eh dari 127.00 menjadi 120.00 (mayan banget ya, tapi buat yg tukar link jangan khawatir aku kan ada 2, 1 pke html/java script, 1 lg pake yg disedian google)

Lalu saya hilangkan gedget Subscibe to bawaan dari template
Dari 120.00 menjadi 111.94, mayan banget ya

Saya compress CSS juga sudah, tapi gak ngaruh banget.

Karena tampilan dengan 2 postingan di depan halaman jadi culun, akhirnya aku tambah lagi 2 postingan, jadi 4 posting, total berat jadi 120.00kb.

Masih gendut sih..tapi bingung apa sih yg bikin berat banget blog,padahal banyak blog yg beratnya cm dibawah 100kb, bahkan ada yg 29kb, walau ada jg sih yg sampe 250.kb, tp jarang. Katanya dibawah ini yg menjadikan blog berat saat loading adalah :

Kebanyakan gambar (banner dll)
Kebanyakan Java Script
Kebanyakan referensi link selain blogger (belain blogger nih)
Kebanyakan Postingan yg tampil di halaman depan
Kebanyakan Animasi/flash
Template yang ber backround gambar
Banyak gedget/widget (Flag Counter,mybloglog, follower)
Sound
Daftar isi jg berpengaruh terhadap berat blog krn didalamnya terdapat link walaupun link blog sendiri (contoh di aryo adalah blog tutorial di sidebar1)
Dll..Ya pokoknya file-file yang ukurannya berat.

Aku sempat berpikir apa "read more" versi baru saya bikin berat? gak tahu jg, soalnya read more saya kalau di klik kan langsung menampilkan postingan lengkap. Atau template saya? Kenapa banyak blog lain yang warna dan gambarnya/animasi lebih gemerlap dari saya kok ukuran blog saya masih tetap jauh lebih berat diatas mereka? Jadi sedih.

Nih alat penimbang, timbang saja blog anda disini ,masukan url blog anda dan url blog orang lain, berat mana coba, maksimal 10 url, lokasinya kejauhan dibawah ya? hehehe..gak tahu motongnya gmana:




















Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)




(eg. iwebtool.com)





Powered by iWEBTOOL



Met mencoba ya..dan belajar dari penyusutanku diatas, apa saja yang besar pengaruhnya terhadap berat blog kita.Dan jangan takut tambah jpeg,animasi format gif, kecil kok bytes nya. Timbang saja sebelum dan sesudah dipasang, gak gitu ngaruh

Posted by Aryo

20 komentar:

Just2live mengatakan...

hahaha, nice info bro. Lucu juga korelasi cerita ama gambarnya. Aku sampe nyengir... :d

Aryo Halim mengatakan...

informatif dan menghibur, itu yg kumau dalam blog ini, ya walaupun infonya basi buat yg sudah expert, tp kan masih banyak calon blogger2 lain nantinya.

Gandhi mengatakan...

Bener!

ekosulistio mengatakan...

dicoba ah........

Blog GABUS mengatakan...

Wah... berapa ya beratnya blogku???

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Blog GABUS mengatakan...

kalau pakai mozilla firefox nggak ditampilkan ukuran kb nya....

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Blog GABUS mengatakan...

Ilmuku nambah nih....

Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

Aryo Halim mengatakan...

@blog gabus: duh..diberondong...jatuh nih saya...

NURA mengatakan...

salam sobat..siip infonya.
saya juga penasaran sama blog saya,,berat ngga ya kalau dibuka?
seperti orang jg ya,,blog pakai diet segala...untuk mengurangi berat.

vlee mengatakan...

hehehehe...ternyata eh ternyata blog ku udah diet duluan bro....jadi di gendut-in dikit gpp lah...biar proporsional kata dokter.... :D

Aryo Halim mengatakan...

@nura:yup..kudu tau berapa berat blog kita
@vlee: vlee geto loh

Yeyen Markoyen mengatakan...

wah..ebrat blogku 106kb...

Aryo Halim mengatakan...

@markoyen: yah mayan, blogku 122.00, langsingin lg klo bisa

khusnul mengatakan...

punyaku gendut apa kurus ya?

khusnul mengatakan...

hasil timbanganku :
1 kluwan.blogspot.com/ 117.05 KB 0.17 seconds 0 seconds
waaah...harus di kurusin lagi nih...
oh ya mas ijin pinjam timbangannya ya?

Aryo Halim mengatakan...

@lover: ya pinjam aja timbangannya (klo ada bahasa yg lebih gampang..kenapa harus dibikin ribet, gunakanlah bahasa kita :)

Mas Doyok mengatakan...

beratan punyaku tapi kok waktu load yg muncul cepet puyaku mas

Aryo Halim mengatakan...

@mas doyok: yg kunjung banyakan tempatku kali wkwkwkkw...canda kok, aku online/aktif terus, sering refresh blog, edit entryan dll, jadi mas doyok rebutan sama aku loadingnya..hehhe, kali aja

Saung Web mengatakan...

waduh perasaan dah diet banyak nih.. tapi kok masih gendut nih blog ku.. diet apa lagi yah...

Colections Of Internet Link mengatakan...

Makasih infonya sobat.. ini sangat diperlukan n langsung di coba